PANGDAM SILIWANGI TERIMA LENCANA MELATI

Bandung, 24/8 (ANTARA) – Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Pramono Edhie Wibowo menerima penghargaan Lencana Melati Gerakan Pramuka pada HUT Pramuka ke-49 tingkat Jawa Barat di Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat di Jalan Dipatiukur Kota Bandung, Selasa.

Penyematan Lencana Melati kepada putra Komandan RPKAD, Alm Sarwo Edhie Wibowo itu dilakukan oleh Gubernur Jawa Barat H Ahmad Heryawan yang bertindak sebagai inspektur upacara.

Pangdam Mayjen Pramono Edhie Wibowo merupakan salah satu Wakil Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Jawa Barat.

Selain Pramono, sejumlah Pembina Gerakan Pramuka, Pelatih dan Pembimbing dari tingkat Karda dan Kwartir Cabang juga menerima penghargaan serupa. Selain itu juga diberikan Lencana Panca Warsa bagi para anggota Pramuka teladan.

Upacara HUT Pramuka ke-49 tingkat Jawa Barat yang berlangsung di Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat diikuti oleh sekitar seribu orang Pramuka. Hadir pula Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat yang juga Wagub Jabar H Dede Yusuf.
Dalam kesempatan itu, Gerakan Pramuka Jawa Barat meluncurkan Program Pramuka “Nyaah Kakolot” (sayang kepada orang tua) yang ditandai penghormatan kepada perwakilan orang tua anggota pramuka serta kepada pembina.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat dalam amanatnya menyatakan Gerakan Pramuka merupakan wadah strategis dan menentukan dalam pembentukan karakter dan watak kaum muda agar berbudi pekerti mulia serta berakhlak baik.

“Saat kian lunturnya rasa kebanggan dan menurunnya akhlak, akibat perubahan yang terjadi pada tata nilai kaum muda, kehadiran Pramuka sangat penting untuk menyelamatkan kaum muda Indonesia,” kata Gubernur Heryawan.

Gubernur menyebutkan, Gerakan Pramuka harus ikut menjamin terbentuknya watak kepribadian kaum muda.

Selain itu, Gubernur Heryawan menyebutkan revitalisasi Gerakan Pramuka yang merupakan salah satu pilar pendidikan sudah empat tahun digulirkan, dan mengalami keberhasilan yang signifikan antara lain dengan hidupnya kembali kegiatan gugus depan.

“Gugus depan kembali aktif, kinerja Gerapan Pramuka makin membaik. Makin meningkat, kegiatan kepramukaan banyak dilaksanakan. Diharapkan visi dan misi, menyiapkan kaum muda sebagai pimpinan bangsa yang tangguh bisa direalisasikan,” kata Heryawan.

Sementara itu Ketua Majelis Pembina Daerah Jabar, H Dede Yusuf menyebutkan Pramuka tidak hanya beraktivitas pada kegiatan rutin namun juga dipersiapkan dalam kegiatan lain. Salah satunya diperkenalkan untuk menjadi motor penggerak Koperasi.

Untuk itu, sejumlah anggota Pramuka mendapat pelatihan dari Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM) Jawa Barat.

“Koperasi juga diharapkan menjadi motor bagi Koperasi, selain tertarik juga inovatif untuk pengembangan koperasi,” kata Dede Yusuf.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: